Catatan Kehidupan Ku

Saturday, November 19, 2016

Hidup Sehat dengan Sunnah Rasulullah Muhammad SAW

Kesehatan saat ini sangat mahal harganya, maka dari itu kita harus pandai - pandai untuk menjaga kesehatan. Dijaman sekarang ini penyakit yang datang semakin beragam dan bermacam - macam, disebabkan oleh beragam bahan kima yang kita konsumsi, udara yang tercemar polusi dan padatnya aktifitas kita sehari - hari sehingga kurang olah raga dan istirahat.

Kesehatan juga merupakan salah satu nikmat dari Allah SWT, karena jika kita sedang tidak sehat (Sakit) kita akan mengalami kesulitan untuk melakukan kegiatan sehari - hari. Rasullullah SAW sendiri sangat memperhatikan kesehatannya, terlihat dari kesehatannya yang terjaga dan semasa hidupnya jarang sekali sakit meskipun menjalani aktifitas yang pada seperti berdakwah beribadah dan berperang.

Sebagai seorang muslim kita perlu mencontah Nabi dan Rasul Kita Muhammad SAW, karena beliau semasa hidupnya Jarang sekali mengalami Sakit, Mengapa Beliau jarang Sakit? Nah agar kita dapat hidup sehat dan meminimalisir kita dalam kondisi sakit tentu dapat kita pelajari dari gaya hidup Nabi dan Rasul kita Muhammad SAW.

Mari kita Meneladani Kebiasaan Hidup Rasulullah Muhammad SAW diantaranya :

1. Cara Tidur Sehat Rasulullah Muhammad SAW
Beruntunglah kita yang telah memeluk agama islam, karena dalam islam hampir setiap aspek kehidupan kita sudah diteladani Rasulullah dan ada dalam Al-Quar'an. Dalam urusan tidurpun sudah ada tuntunan dan ajarannya, tentunya akan sangat bermanfaat jika kita terapkan dalam kehidupan sehari - hari.

Meskipun hanya tidur kita diajarkan untuk berwudu dan bersiwak (menggosok gigi), dilanjutkan dengan menggunakan pakaian yang bersih dan pantas tidak menggunakan pakaian yang ketat atau sesak sehingga mengganggu kita tidur. Jangan lupa untuk memrapikan dan membersihkan tempat tidur sehingga menambah kenyamanan saat beristirahat, dan selalu berdoa dan berzikir sebelum tidur untuk menentramkan hati dan insya Allah dapat menghindarkan kita dari mimpi buruk.

Rasulullah SAW selalu tidur lebih awal dan Bangun lebih awal, Sholat malam dan berjalan ke masjid untuk melaksanakan solat Subuh. Selain mendapatkan pahala solat malam dan subuh dengan bangun pagi dan berljalan kita dapat berolahraga dan menghirup udara pagi yang masih segar dan penuh dengan oksigen. Oleh sebab itu orang - orang yang sering bangun pagi memiliki paru - paru yang lebih kuat dan sehat, selain itu udara subuh juga dapat mebuat pirkiran relax sehingga dapat memperkuat fikiran dan menentramkan perasaan dengan demikian akan mendapatkan badan sehat, otak cerdas dan kehidupan yang tenang hingga kita bisa sukses dunia akhirat.

Kita lanjutkan dengan cara Rasulullah SAW tidur, banyak dari kita sudah mengetahui hal ini tentunya karena memang cara Beliau tidur sangat sarat akan makna seperti yang pernah di ungkapkan Ibnu Qayyim Al Jauziyyah dalam bukunya Metode pengobatan Nabi : " Barang Siapa yang Memperhatikan Pola Tidur Rasulullah, Niscaya ia akan memahami pola tidur yang benar dan paling bermanfaat untuk badan dan organ tubuh".

Rasulullah SAW tidur dengan cara memiringkan tubuhnya ke arah kanan, sambil berzikir kepada Allah SWT hingga matanya terasa bera. Tekadang beliau melaingkan badanya ke sebelah kiri sebentar dan kemudian kembali lagi kesebelah kanan. Berdasarkan penelitian dengan tidur menghadap ke kanan kita mendapat 3 manfaat yaitu menjaga saluran pernafasan, menjaga kesehatan jantung dan menjaga kesehatan paru - paru, Cara tidur seperti inilah cara tidur yang paling efisien.

2. Makan Sehat Rasulullah Muhammad SAW
Sesungguhnya sebagian besar Sumber Penyakit itu berasal dari Perut (Makanan yang kita makan dan Cara kita makan) Oleh Karena itulah Rasulullah SAW memberi perhatian besar mengenai hal ini.

Prinsip dasar dari makanan yang baik adalah makanan yang halal dan baik (Halalan Toyiban), Maksudnya selain memakan makanan yang Halal kita juga perlu makan yang baik yang mengandung kandungan gizi yang cukup juga baik dari segi kebersihan dan juga termasuk bebas dari Pantangan (Bagi orang yang alergi ikan walaupun ikan itu bergizi dan halal tetapi ikan bukanlah makanan yang baik untuk ia konsumsi). Seperti Firman Allah SWT dalam Al- Qur'an surat Al Baqarah 168: "Hai sekalian manusia makan-makanlah yang halal lagi baik dariapa yang terdapat di bumi dan jangan kamu mengikuti langkah - langkah syaitan, karena syaitan musuh yang nyata bagimu".

Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk makan tidak terlalu kenyang, Lambung cukup di isi dengan 1/3 makanan, 2/3 nya untuk minum dan udara. Rasulullah SAW bersabda : "Anak adam tidak memenuhkan suatu tempat yang lebih jelek dari perutnya, cukuplah bagi mereka beberapa suap yang dapat memfungsikan tubuhnya. Kalau tidak ditemukan jalan lain, maka (ia dapat mengisi perutnya) dengan sepertiga untuk makan, sepertiga untuk minum, dan sepertiganya lagi untuk pernafasan" (HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban). Dari hadis diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa makan harus seimbang, sederhana dan tidak berlebihan.

Rasulullah SAW juga melarang kita untuk makan lagi sesudah kenyang sesuai dengan Al- Qur'an surat Al A'raf ayat 31 : " Hai anak adam, kenakan pakaianmu yang indah disetiap memasuki mesjid, makan dan minumlah dan janganlah berlebih-lebihan. sesungguhnya allah tidak menyukai orang - orang yang berlebih - lebihan ". dan sesuai sabda Beliau yang artinya " Kami adalah kaum yang tidak makan sebelum merasa lapar dan bila kami makan tidak pernah kekenyangan" (HR Bukhari Muslim).

Selain Jumlah makanan tata cara makan Rasulullah juga perlu kita contoh, makanlah dengan sikap duduk yang baik yaitu tegap dan tidak bersandar, karena hal itu lebih baik untuk lambung makanan akan turun dengan sempurna. Rasulullah SAW pernah bersabda, " Sesungguhnya aku tidak makan dengan bersandar".

Untuk menjaga sistem pencernaan kita Nabi Muhammad SAW juga berpesan "Berpuasalah kamu supaya sehat tubuhmu " (HR Bukhari), banyak hasil penelitian modern yang menunjukkan bahwa berpuasa sangat menyehatkan. Puasa dapat memberi kesempatan istirahat fisiologis menyeluruh bagi sistem pencernaan dan sistem syaraf pusat, menormalisasi metabolisme tubuh, menurunkan kadar gula darah, detoksifikasi dan mengikis kolesterol jahat.

3. Menjaga Kebersihan dan Berolah Raga
Nabi Muhammad SAW senantiasa terlihat Rapi dan Bersih, tidak pernah ada bintik hitam atau kuning pada pakaian/sorbannya selalu putih bersih. Jadi jika kita ingin sehat selalu jagalah selalu kebersihan diri kita, Rasulullah SAW juga selalu rutin membersihkan diri setiap pekan seperti mencukur bulu halus di wajah dan pipi, dan memotong kuku.

"Gosoklah gigimu berulang-ulang sebab hal itu membersihkan mulut dan disukai Allah". Bersiwak merupakan hal yang sering di lakukan Baginda Nabi, tidak hanya setelah bangun tidur tetapi juga setiap habis makan dan setiap akan solat.

Rasulullah SAW juga selalu "berolah raga" (menggerakkan tubuh sehingga otot-otot menjadi kuat dan persendian tidak kaku dan aliran darah menjadi lancar kesemua organ tubuh), Pentingnya kesehatan jasmani ini juga disabdakan beliau : "Ajarilah anakmu (olahraga) berenang dan memanah (HR Dailami).

Di kehidupan sehari-harinya Nabi Muhammad selalu memilih untuk berjalan jika masih bisa ditempuh dengan berjalan kaki, baik dalam berdakwah, ke pasar, ke masjid, ke tempat para sahabat, bahkan mengunjungi Makam di Baqi (3 km dari madinah).

4. Menjaga Hati 
Hal yang tidak kalah penting dari menjaga kesehatan adalah dengan menjaga hati kita, dengan menjaga hati dan pikiran tetap bersih dan tenang akan  menghindarkan kita dari stress. Selain itu menahan amarah juga dapat membuat kita surga pernah dikisahkan utusan Bani Nadhir meminta Nasehat pendek yang dengannya bisa membuat nya Masuk Surga dan terlepas dari Neraka. Nabi Memberi Nasehat pendek : "Jangan Marah". Ulangi Nasehatmu ya Rasulullah ! "Jangan Marah". Sekali Lagi ya Rasulullah". "Jangan Marah".

Dengan tidak marah hati dan pikiran akan tentram, jika amarah datang dapat dihilangkan dengan merubah posisi (Jika kita emosi saat duduk segeralah duduk) dan segeralah berwudhu. Selain amarah hal lain yang dapat mengganggu ketenangan hati dan pikiran hingga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan adalah iri hati.

Kecemasan dan kegelisahan melihat kesenangan orang lain merupakan salah satu contoh iri hati, jika kita selalu benci, kesal, melihat kehidupan orang lebih baik, jabatan lebih tinggi maka akan menimbulkan stress dan akan mengganggu kesehatan kita. Nabi Muhammad SAW tidak pernah iri hati, hatinya selalu tentram dan tidak pernah membenci siapapun termasuk orang yang berbuat jahat kepadaNya.


Mungkin masih banyak yang dapat kita teladani dari Kehidupan Sehari - hari Nabi Kita Muhammad SAW, semoga sedikit tulisan tentang Mencontoh Sehatnya Rasulullah SAW ini dapat menjaga kita tetap sehat dalam beraktifitas, bekerja dan beribadah.





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Hidup Sehat dengan Sunnah Rasulullah Muhammad SAW

0 comments:

Post a Comment