Catatan Kehidupan Ku

Sunday, June 7, 2015

Pentingnya Menjaga Kesehatan

Life Healthy
Mencegah lebih baik dari pada mengobati, hal ini sudah sangat sering kita dengar tetapi masih sangat sedikit dari kita yang melakukannya. Kebanyakan orang-orang di Indonesia jika sudah sakit baru ke dokter (terutama soal gigi), betul sih tidak harus pergi ke dokter untuk menjaga kesehatan, tetapi sesekali cek kesehatan ke dokter juga sangat perlu untuk mengetahui secara lebih detail soal kesehatan kita. Ingat Mencegah lebih baik dari pada mengobati, selama kita masih bisa berjalan biasanya orang akan menyebut dirinya sehat, padahal dalam kondisi kita bisa berjalan/beraktifitas dengan normal pun kita bisa sedang mengalami ganggung (sedang sakit). Banyak kasus yang terjadi di mana seseorang tampak sehat (tidak dirawat di Rumah Sakit) tetapi tiba-tiba saja meninggal.

Sedikit pengalaman dari bunda tercinta yang sangat sering menasehati untuk selalu menjaga makan dan berolah raga "Jangan makan sembarangan, nanti kalau sudah tua seperti ibu baru terasa", beliau selalu berpesan seperti itu ketika melihat saya makan asal (junk food, dll). Tentulah akan sangat berbeda hari tua kita jika kita menjaga apa yang kita makan sekarang dibandingkan dengan jika kita tidak menjaga pola makan kita. Ingat sekarang sudah menjadi rahasia umum makan semua instan padahal dibalik semua itu terdapat bahan-bahan yang sangat merugikan tubuh kita, mungkin saat ini tubuh kita belum merasakan efeknya secara langsung, tetapi berkaca dari pengalaman bunda tercinta pastilah saya akan sangat berhati-hati saat memilih makanan. Setelah menjaga pola makan sangat baik ditunjang dengan cukup istirahat dan olah raga secara teratur.

Olah raga dan mengkonsumsi jus adalah metode yang dipilih oleh ibunda tercinta untuk terus menjaga kesehatannya, "Kalau habis Olah raga badan terasa enteng" dan "Kalau pagi hari tidak minum jus, pulang kerja terasa capek sekali" itulah pesan-pesan beliau walau pun sudah menginjak umur kepala 5 tetapi alhamdulillah beliau masih sehat (amin) dan aktif bekerja sebagai pns (semoga selalu dilimpahkan nikmat sehat amin). Saya bersyukur mendapatkan banyak wejangan dari beliau karena memang pengalaman adalah guru yang paling baik, maka dari itu sebelum terlambat saya ingin mengajak teman-teman pembaca untuk selalu menjaga kesehatan dimulai dari sekarang sebelum terlambat.

Apa kalian ingin merasakan tua dan takberdaya baru memulai hidup sehat ? apa kalian ingin mengalami sendiri masa tua yang berat karena "asal makan" dan kurang olah raga diwaktu muda ? baru kalian akan bercerita kepada anak-anak kalian pentingnya menjaga kesehatan ? Jangan sampai hari tua kita berakhir sakit-sakitan dirumah sakit, Bukankah lebih baik kita semua menjaga kesehatan dan menceritakan nikmatnya masa tua masih bisa aktif bermain bersama cucu karena di masa muda selalu berolah raga dan menjaga pola makan.

Ingat sekali lagi sehat itu murah, cukup dengan makan makanan sehat (masakan sendiri misalnya) dan olah raga setiap hari (cukup dengan lari/jalan pagi) dan Sakit itu mahal, jika kita sudah sakit berapa biaya yang kita keluarkan untuk bayar rumah sakit, bayar dokter, bayar obat dll. Jadi mari kita semua mulai saat ini menjaga pola hidup sehat, karena penyesalan selalu datang terlambat. Semoga tulisan ini dapat menginspirasi teman-teman semua dan kita semua diberi kesehatan amin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pentingnya Menjaga Kesehatan

0 comments:

Post a Comment