Catatan Kehidupan Ku

Saturday, October 6, 2012

Pentingnya Bersyukur

"Maka ni'mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?" (Q.S. Ar Rahman [55] : 13)

Pernahkah kita sejenak berfikir berapa banyak nikmat yang telah kita dapatkan dari Allah SWT, dan berapa banyak pula nikmat yang telah kita syukuri???

"... dan jika kamu menghitung ni'mat Allah, tidaklah dapat kamu menghitungnya." (Q.S. Ibrahim [14] : 34)

Syukur merupakan salah satu bukti bentuk iman kita kepada Allah SWT,

"...dan syukurilah ni'mat Allah, jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah"  (Q.S. An-Nahl [16] : 114)

dengan bersyukur kita akan mendapatkan nikmat yang lebih dan bagi yang mengingkari akan mendapatkan azab sesuai dengan Firmannya

"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni'mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni'mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih" (Q.S. Ibrahim [14] : 7)

Setelah keutamaan dan pentingnya bersyukur lebih baik lagi kita tau caranya untuk bersyukur, bersyukur dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari mengucapkan Hamdallah sampai dengan melakukan Sujud Syukur. Yang terpenting dalam bersyukur kita harus memenuhi 3 (tiga) unsur.

  • irfan an ni'mah yaitu mengakui bahwa segala sesuatu itu datangnya dari dan kepunyaan Allah SWT. Dengan menyadari hal ini, maka diharapkan dapat membuaat seseorang merasa sungkan dan malu untuk membanggakan kekayaannya.
  • tsana'u biha yaitu memuji, dengan bertasbih dan beristighfar. Hal ini bertujuan agar saat diberi ni'mat kita tidak akan melupakan sang pemberi ni'mat Allah SWT. 
  • idzharuhaa yaitu menampakkannya dalam prilaku sehari - hari berupa pembuktian dan ucapan tadi dengan mempertimbangkan sisi manfaat dan mudharatnya.
Semoga setelah mengetahui hal ini kita semua bisa melihat ni'mat apa yang telah diberikan Allah kepada kita, Ingat ni'mat bukan hanya Harta semata, ni'mat juga bisa berupa Sehat, Keluarga yang Sakinah, Anak yang Soleh dan Soleha juga lain sebagainya. Perbanyaknya bersyukur dan semoga dengannya ni'mat kita senan tiasa ditambah oleh Allah SWT. Amin

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pentingnya Bersyukur

0 comments:

Post a Comment