Catatan Kehidupan Ku

Monday, September 10, 2012

Ketika Cobaan Menerpa

Hidup berjalan sudah pasti tidak berjalan mulus dan lancar, akan ada fluktuasi didalamnya terkadang naik (senang) terkadang juga turun (susah). Kaya - Miskin, Bahagia - Sengsara, Gampang - Sulit dan seterusnya merupakan dua hal yang selalu bersebrangan dan hal yang sangat lazim dialami dan dihadapai manusia dalam kehidupannya.

Dalam kata yang berlawanan Al - Qur'an juga secara istimewa menyebutkan dalam hal berInfaq. "(yaitu) orang - orang yang menafkahka (hartanya), baik diwaktu lapang maupun sempit, dan orang - orang yang menahan amarahna dan memaa'afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang - orang yang berbuat kebajikan"(Q.S. Ali Imran [134]).  Yaitu dikala Lapang ataupun Sempit dengan tujuan agar kita tetap melakukan Infaq (tidak Pelit). Lapang menunjukkan Suasana hati yang senang atau Kelebihan Harta, sedang Sempit merupakan posisi Ketiadaan Harta atau sedang dalam Kodisi Sulit.

Pastilah mudah untuk berbagi dan menafkahkan harta kita disaat kita dalam keadaan atau posisi lapang walaupun sebagian kecil masih ada yang sulit untuk melakukannya. Tapi bagaimana jikala kita dalam keadaan sempit??? Sadarkah kita bahwa sesungguhnya waktu - waktu yang sempit, terjepit, pada posisi dibawah terinjak, penuh rintangan, cobaan yang silih berganti dan hal lain yang serupa adalah momentum yang paling menarik untuk dihadapi.

Pada saat - saat seperti inilah biasanya kita lalu begitu dekat dengan Sang Khaliq, disaat inilah kita suka mengadu, berkeluh - kesah, dan sadar akan kekurangan dan kelemahan diri sendiri. Bandingkan dengan ketika kita berada dalam keadaan lapang, Maka dari itu kita sebagai manusia makhluk yang sering lupa harus pandai - pandai merenung dan mengoreksi diri sendiri terlebih jika kita di dalam masa sulit.

Jangan pernah mengeluh pada masa Sempit karena pasti akan ada masa Lapang, nikmati masa sulit untuk merenung dan intropeksi diri guna mempertebal Iman. Ingat slalu Infaq dan Zakat tidak hanya di waktu Senang tetapi juga laksanakan di waktu Susah. Semoga Allah SWT mengangkat semua kesusahan dari Saudara - Saudari Muslim di manapun berada. Amin

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ketika Cobaan Menerpa

0 comments:

Post a Comment