Catatan Kehidupan Ku

Monday, September 10, 2012

Berusaha Menjadi Insan Yang Taqwa

Pengertian Taqwa secara bahasa adalah takut, cinta rindu dan harap. "Waqaya" berarti menjaga, memelihara, melindungi dan menyelamatkan. Menjaga sikap hidup dengan serius dan terus menerus serta berdisiplin menjalankan syariat Islam adalah pengertian Taqwa. 

Seperti dalam suatu Hadis  yang yang artinya "Bertaqwalah kepada Allah di mana saja engkau berada. Susullah kejelekan dengan kebaikan, niscaya kebaikan itu akan menghapus kejelekan tersebut, dan bergaullah dengan manusia dengan akhlak yang baik." (H.R. Ahmad dan At-Tirmidzi). Hadis tersebut memerintahkan kita untuk Bertaqwa kepada Allah, selalu bebuat baik agar kesalahan dan kejelekan yang telah kita perbuat dapat terhapus / tergantikan dengan kebaikan kita dan juga selalu menjaganya dengan cara berkumpul dengan orang-orang yang berakhlak baik. 

Di dalam Al-Qur'an juga banyak di sebutkan ganjaran untuk orang - orang yang bertaqwa. 
Pertama Allah akan memberikan ampunan dan surga bagi orang yang bertaqwa, "Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada Surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang Bertaqwa."(Q.S. Ali Imran [3] : 133).   
Kedua Allah akan memberikan jalan keluar dari setiap kesulitan yang dihadapi, "Barangsiapa bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan Mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya" (Q.S. Ath Thalaq [65] : 2 - 3). 
Ketiga Orang beriman akan diberi Kemakmuran dan Keberkahan Allah Berfirman "Jikalau Sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, Maka Kami Siksa mereka disebabkan perbuatannya." (Q.S. Al-A'raf [7] : 96). 

Untuk dapat Menjadi Taqwa kita Harus Melewati Jenjang 1. Menjadi Muslim 2. Menjadi Mukmin 3. Menjadi Muhsin 4. Menjadi Mukhlis 5. Menjadi Murraqin. 

Nah sekian dari saya semoga dengan membaca tulisan ini saya dan teman - teman sekalian akan semakin terpacu untuk menjadi orang yang berTaqwa di sisi Allah SWT. Mohon maaf jika ada kesalahan / kekeliruan karena kekurangan ilmu saya, marilah kita bersama - sama belajar demi kemajuan islam 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Berusaha Menjadi Insan Yang Taqwa

0 comments:

Post a Comment